Tuesday, October 11, 2011

Pengertian Jaringan LAN,MAN,WAN

Pengertian Jaringan

Jaringan komputer (computer network) yang di sebut secara singkat dengan nama “jaringan” adalah kumpulan komputer dan alat-alat lain yang saling dihubungkan bersama menggunakan media komunikasi tertentu. Informasi yang melintas sepanjang media komunikasi, memungkinkan pengguna jaringan untuk saling bertukar data atau menggunakan perangkat lunak maupun perangkat keras secara berbagi (share). masing-masing komputer atau alat-alat lain yang dihubungkan pada jaringan disebut node. jaringan dapat terdiri dari puluhan, ratusan hingga ribuan node.

Komputer dalam jaringan dapat saling berhubungan melalui kabel, jaringan telepon, gelombang radio, satelit maupun sinar infra red. Ada 3 tipe jaringan dalam hubungannya dengan luas area tertentu yaitu :

- LAN (Local Area Network)
- MAN (Metropolitan Area Network)
- WAN (Wide Area Network)


Local Area Network (LAN)

LAN adalah suatu jaringan yang terbatas pada daerah yang relatif kecil. LAN biasanya terbatas pada daerah geografis tertentu, seperti laboratorium, sekolahan, kantor atau gedung. meskipun demikian perancangan LAN tidak cukup mudah, karena LAN dapat berisi sampai puluhan bahkan sampai ratusan komputer yang harus dapat di gunakan oleh ribuan pengguna.
Dalam konfigurasi LAN tertentu suatu komputer dirancang sebagai server. Server menjalankan semua perangkat lunak yang di gunakan untuk mengendalikan jaringan, serta menyimpan perangkat lunak yang dapat di pakai bersama oleh komputer-komputer yang dihubungkan pada jaringan. Server biasanya merupakan komputer yang mempunyai spesifikasi perangkat hardware yang tinggi dan mempunyai alat penyimpanan (storage) yang berkapasitas besar.
Semua komputer yang terhubung ke server pada jaringan tersebut disebut dengan nama workstation.

Metropolitan Area Network (MAN)
Suatu MAN meliputi area geografi yang lebih luas, seperti area satu kecamatan, suatu kota dll. Dengan interkoneksi jaringan dalam area geografis yang luas, informasi dapat di sebarkan melalui jaringan dengan mudah. Contoh kasus : dengan MAN suatu komputer cabang dapat berhubungan dengan komputer server yang ada pada kantor pusat melalui media penghubung(kabel koaxial ataupun tanpa kabel).

Wide Area Network (WAN)
Suatu WAN meliputi area geografi yang lebih luas lagi, yang meliputi suatu negara atau dunia. Umumnya jaringan di tempatkan pada banyak lokasi yang berbeda. WAN digunakan untuk menghubungkan banyak LAN yang secara geografis terpisah. WAN dibuat dengan cara menghubungkan LAN menggunakan layanan leased lines, dial-up, satelit atau lainya. WAN mungkin merupakan jaringan sederhana dengan hanya menyediakan modem dan server, sehingga user dapat melakukan dial-up, tetapi WAN juga mungkin merupakan jaringan komplek yang menghubungkan ratusan LAN yang ada pada lokasi berbeda.

sekian dulu pembahasan dari saya mengenai jaringan.

0 comments:

Post a Comment