Friday, December 30, 2011

SEA Games XXVI 2011 Indonesia


SEA Games XXVI 2011 Palembang Jakarta Indonesia 11-25 November 2011. Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara (Southeast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Peraturan pertandingan di SEA Games dibawah naungan Federasi Olahraga Asia Tenggara (Inggris: Southeast Asian Games Federation) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA). Untuk SEA Games XXVI 2011 peserta olimpiade memperebutkan 542 medali emas dalam 44 cabang olahraga. Ini merupakan kali keempat Indonesia menjadi tuan rumah untuk SEA Games, pertama pada tahun 1979, 1987, dan 1997. Namun di tahun 2011 Indonesia dirasakan kurang cukup persiapan, dimulai dari pembangunan wisma atlet yang memakan kurun waktu yang cukup lama hingga menyeret beberapa politikus dalam kasus korupsi di wisma atlet, kemudian kendala dalam pembangunan wisma atlet juga disebabkan oleh faktor cuaca, karena sering terjadinya hujan maka pembangunan sempat tertunda.
pembangunan gedung-gedung olahraganya juga mengalami keterlambatan, yang di sebabkan oleh faktor cuaca itu tadi yang tidak memungkinkan untuk di bangun lebih cepat.

Namun dibalik namun di balik itu semua, Indonesia menjadi juara umum dalam SEA Games 2011 dengan meraih total medali 476 yang terdiri dari 182 Emas, 151 Perak dan 143 Perunggu.

Berikut merupakan data perolehan medali tiap-tiap negara :


tabel tersebut membuktikan bahwa indonesia mempunyai prestasi yang membanggakan di wilayah Asia Tenggara. Walaupun untuk cabang sepakbola tim Indonesia tidak mendapatkan emas, namun tabel tersebut dapat di jadikan acuan bahwa Indonesia bukan merupakan negara yang dapat diremehkan di wilayah asia, khususnya di asia tenggara.

0 comments:

Post a Comment