Sunday, May 30, 2010

Membuat Kebun Binatang di Dunia Maya

Saya yakin bahwa hampir setiap orang, walau hanya sekali saja, pasti pernah pergi ke kebun binatang. Kalau saya harus jujur, kebun binatang adalah salah satu tempat yang saya sangat suka untuk mengunjungi di mana saja. Dari pengalaman saya, saya sudah mengunjungi banyak sekali kebun binatang, dari Solo, Yogyakarta, Surabaya, Singapura dan Australia.

Kalau orang bertanya saya, apakah kalau saya diberi kesempatan untuk membuka sebuah kebun binatang saya sendiri, saya akan mau? Sekilas, pasti jawaban saya pasti ya, akan tetapi rasanya tidak memungkinkan secara realitas, karena banyak faktor yang harus diperhitungkan seperti tempat, ongkos tempat, perawatan binatang dll. Akan tetapi, saya senang sekali ketika saya bisa mewujudkan salah satu kesenangan saya tersebut di dunia maya.

Kesempatan itu datang dengan wujud sebuah aplikasi yang dibuat oleh Eyrewood Studios, yang bernama My Zoo, atau Kebun Binatang Saya. Aplikasi tersebut bisa diakses untuk semua di situs komunitas Facebook.

Jujur saja, saya menemukan aplikasi ini dengan tidak sengaja waktu saya browsing di Facebook, dan salah satu teman saya mengundang saya lewat pengumuman yang tampil di beranda Facebook. Waktu itu saya merasa sedikit tertarik, yang membawa saya untuk memainkan aplikasi ini.

Keputusan yang saya buat waktu itu ternyata tidak salah, karena saya hampir setiap hari memainkan aplikasi ini, bahkan saya merasa saya sudah merasa sedikit kecanduan akan game ini karena dia mempunyai banyak fitur fitur yang menarik bagi saya.

Seperti mana layaknya kebun binatang biasa, kebun binatang di dunia maya ini mempunyai banyak daerah, yang terbagi seperti berikut. Petting Zoo atau kebun binatang untuk anak anak, kawasan khusus untuk burung, kawasan untuk mamalia kecil, rumah khusus yang berisi reptil, binatang malam, serangga dan kupu kupu. Ada juga kawasan yang dibuat khusus untuk mamalia yang besar, beberapa jenis monyet, dan kucing kucing besar, dan binatang binatang yang hidup di lingkungan air, dan yang tinggal di daerah daerah dingin.

Yang lebih menarik lagi dari game ini, adalah selain kita bisa membangun macam macam fasilitas umum di dalam kebun binatang maya kita, adalah fitur fitur pembiakan binatang binatang yang ada di kebun binatang kita masing masing. Dan kebanyakan dari binatang binatang yang bisa kita biakkan, adalah binatang binatang yang di dunia nyata, sedang mengalami ancaman kepunahan. Selain itu ada juga fitur fitur tantangan yang kita harus menyelesaikan, dan upah yang kita terima adalah lebih banyak fasilitas umum dan pertunjukan yang kita bisa bangun, dan lebih banyak binatang yang kita bisa datangkan di dalam kebun binatang maya kita ini.

Banyak binatang yang di dalam game ini, sebenarnya juga ada yang berasal dari Indonesia. Daftar fauna Indonesia yang ada di dalam game ini, yang sudah ada di kebun binatang saya adalah, Komodo, Landak, Orangutan, Harimau Sumatra, dll.

0 comments:

Post a Comment