Sunday, May 30, 2010

Perawatan Kelinci Hias

Saat ini para penggemar kelinci hias mengalami peningkatan. Mulai dari anak anak, remaja, bahkan orang dewasa banyak menyukai binatang lucu ini. Meraka banyak memilih kelinci sebagai hewan kesayangan, berbagai pertimbangan menjadikan sebagai binatang peliharaan adalah lucu, tidak butuh tempat yang luas, bersahabat, banyak jenis dan juga warna warna menarik.untuk menjaga agar kelinci kita tetap sehat perlu dilakukan perawatan. Perawatan kesehatan kelinci meliputi perawatan kesehatan fisik(perawatan bulu, perawatan badan, perawatan kuku), dan perawatan kesehatan lingkungan(perawatan kandang dan juga kebersihan kandang).

Perawatan kesehatan fisik kelinci

- Perawatan bulu
secara garis besar dilihat dari jenis bulu kelinci hias dapat dibedakan menjadi kelinci berbulu pendek dan kelinci berbulu panjan. Perawatan kelinci bulu pendek lemih mudah dari pada perawatan kelincu berbulu panjang. Cara perawatan bulu kelinci bulu pendek cukup dilakukan seminggu satu kali dengan cara memandikan dengan sampo khusus kemudian di keringkan dengan handuk atau di jemur. Sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Sedangkan kelinci berbulu panjang membutuhkan waktu dan juga ketelatenan yang lebih. Pada kelinci bulu panjang minimal seminggu dimandkan dua kali kemudian dieringkan dengan handuk agar tidak masuk angin. Selain itu kelinci bulu panjang juga harus sering disisir agar rambut tidak gembel dan tetap terlihat indah. Selain itu menyisir rambut kelinci bulu panjang juga bertujuan agar kelinci tidak mengalami hairball(sumbatan bola rambut pada saluran pencernaan).

- Perawatan badan
agar badan sehat dan tumbuh besar kelinci harus diberi pakan yang cukup.memberi makan kelinci sehari minimal dua kali. Pagi hari dan malam hari. Pemberian pada malam hari jumlahnya lebih banyak karena pada malam hari kelinci lebih banyak beraktifitas.

Usahakan jangan member pakan hijauan segar karena dapat menyebabkan diare. Sebaiknya pakan dilayukan sebelum diberikan agar kandungan airnya berkurang. Bisa juga diselingi dengan konsentrat.

- Perawatan kuku
kuku kelinci hias sebaiknya selalu diperiksa jangan samapi terlalu panjang, Jika terlalu panjang dipotong tetapi harus hati hati. Selain itu periksa sela sela kuku jika ada luka atau juga keropeng agar tidak menjadi penyakit kulit.

Perawatan kesehatan lingkungan

- Perawatan kandang
Agar kelinci aman dari ancaman pemangsa(kucing, anjing dll ) maka kandang harus selalu dirawat. Jangan sampai ada lubang yang dapat menyebabkan pemangsa dapat masuk.

- Kebersihan kandang
Agar kelinci terbebas dari berbagai macam penyakit maka kebersihan kandang dan sanitasi harus tetap terjaga. Janagan sampai kandang kotor dengan sisa makanan dan feses yang sudah berhari hari,air urin juga harus bisa tuntas mengalir.

Perawatan tambahan juda bisa dilakukan diantaranya:
- Pada kelinci bunting dipisahkan dari pejantan ataupun kelinci lain.

- Pada kandang kelinci bunting di beri kotak berukuran 25cm x 20cm x 15cm.

- Pada kelinci sakit ditempatkan pada kandang tersendiri menghindari penularan.

- Sebelum 2 bulan sebaiknya kelinci jangan di sapih

- Pada kelinci yang baru disapih sebaiknya dikasih minum manis untuk tambahan energi

Dengan melakukan perawatan yang baik maka kesehatan hewan peliharaan kita akan terjamin.

0 comments:

Post a Comment